Ad 468 X 60


Widgets

Tips Aman Berbelanja Online


Tips Aman Berbelanja Online

Unyumedia.com - Sapa yang gak suka berbelanja online? tinggal duduk, barang kita di anter ke rumah, tapi di negara kita banyak penipu yang berkedok online shop.

Berikut adalah beberapa tips yang harus di perhatikan sebelum berbelanja online :

Jika mau membeli barang jangan terburu-buru untuk melakukan pembayaran, selidiki dulu toko atau penjual barang yang mau anda beli. Tindakan tidak sabaran biasanya akan mempermudah penipu untuk menipu.

Baca detil keterangan barang yang tertera di gambar seperti: ukuran, jenis bahan, harga, second atau baru, ada cacat/nggak, pre-order atau ready stock.

Kalau khawatir ukurannya nggak pas, jangan malas untuk benar-benar mengukur panjang, lebar, lingkar tangan, dan sebagainya. Pinjem meteran atau minimal penggaris deh. Rugi banget kan kalau ternyata baju atau sepatu yang sudah dibeli ternyata kekecilan atau kebesaran.

Kalau informasi yang ditulis penjual belum lengkap, jangan ragu bertanya untuk menanyakan kondisi detail barang yang ingin kamu beli. Pertanyaan bisa diberikan via SMS, Email, ataupun PM. Check ketersediaan nomor handphone yang dapat dihubungi.

Jangan khawatir “mengganggu” si penjual kalau kamu banyak tanya. Itu hak mu. Dan juga adalah bagian dari pelayanan penjual. Sama seperti halnya jika mau beli barang di toko offline. Di toko online kita tidak tau kualitas barang aslinya seperti apa, jadi kita harus menanyakan sedetil-detilnya kondisi barang kepada sang penjual.

Pintar-pintarlah memilih toko online yang terpercaya. Cek track record si penjual dengan cara membaca comment-comment yang masuk ke photo-comment atau wall. Bisa aja sih comment-comment yang mungkin negatif sudah dihapus. Tapi pengecekan ini tetap berguna untuk tahu gimana mekanisme pembelian barang yang diberlakukan si penjual.

Cek nomer handphone atau nama si penjual di google, karena kalau penjual yang bisa di percaya nomer handphone atau namanya akan ke index di google. Cek juga alamatnya di google.

Jika anda berbelanja di Forum Jual Beli, pastikan sebelum transaksi meminta KTP, pastikan juga KTP-nya valid karena banyak KTP palsu dengan mudah dibuat secara digital.

Pastikan juga rekening yang digunakan untuk mentransfer pembayaran sesuai dengan nama yang tertera di KTP-nya, karena banyak kasus penipuan dengan menggunakan rekening orang lain yang di dapat dari internet (seperti rekening-rekening toko online yang sah).

Penipu akan menyuruh kita untuk mentransfer ke rekening toko online yang sah kemudian dia akan mengambil atau membeli barang dengan uang tersebut.

Semoga artikel tips berbelanja online bermanfaat bagi kamu.

Sebagai contoh online shop yang bisa di percaya saya ada rekomendasi buat kamu,
https://www.facebook.com/Achy.Shop


Best Regards,
Achy Shop

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 komentar:

Jika Kamu Menemukan Kejanggalan Tinggalkanlah Komentar Maka Secapatnya Akan Kami Respon Salam www.unyumedia.com